Produk & Fitur
Pilih Produk & Fitur

E-Statement
Cek riwayat transaksi jadi makin praktis. Kini, kamu bisa pantau semua transaksi bulananmu lewat satu aplikasi, kapan saja dan di mana saja! Mulai dari laporan tagihan, top up, hingga pembayaran digital—all in one!
Pantau semua aktivitas transaksi kamu, dari tagihan rumah, isi ulang, hingga belanja digital—semua tercatat dan rapi dalam satu laporan.
Nggak perlu repot cetak! Cukup buka aplikasi dan lihat laporan transaksi kapan pun kamu butuh. Hemat waktu dan tenaga.
Syarat dan Ketentuan e-Statement
Syarat dan Ketentuan Khusus Layanan e-Statement merupakan bagian dari Syarat dan Ketentuan Umum Layanan OttoCash. Anda atau Pengguna diwajibkan untuk membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Umum Layanan OttoCash sebelum lebih lanjut dapat membaca, memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Khusus Layanan e-Statement yang tertera pada laman ini (“Syarat dan Ketentuan Khusus Layanan e-Statement”).
Seluruh istilah dengan awalan huruf kapital dalam Syarat dan Ketentuan Khusus Layanan e-Statement ini, memiliki makna yang sama sebagaimana didefinisikan dalam Syarat dan Ketentuan Umum Layanan OttoCash dan Kebijakan Privasi yang tersedia pada Aplikasi OttoCash dan OttoCash SDK, kecuali ditentukan lain dalam Syarat dan Ketentuan Khusus Layanan e-Statement ini. Anda mengetahui dan menyetujui bahwa Anda tunduk dan terikat pada ketentuan-ketentuan yang terdapat dalam Syarat dan Ketentuan Umum Layanan OttoCash serta Kebijakan Privasi.
- e-Statement, Seluruh catatan transaksi keuangan menggunakan Saldo OttoCash yang dilakukan oleh Pengguna OttoCash. E-Statement dapat diakses dari halaman e-Statement dalam Aplikasi OttoCash maupun OttoCash SDK
- Pelanggan, Semua Pengguna OttoCash yang terdaftar (Regular dan OttoCash Plus) baik active maupun tidak active
- Biaya Layanan, Biaya yang dikenakan kepada Pelanggan untuk penyajian e-Statement
- Untuk Pelanggan Regular, layanan e-Statement akan langsung diaktifkan dan dapat diakses. Sedangkan untuk Pelanggan OttoCash Plus, agar dapat mengakses fitur ini diharuskan mengaktifkannya melalui toggle “aktifkan e-Statement” di halaman e-Statement yang tersedia dalam Aplikasi OttoCash maupun OttoCash SDK
- Pelanggan bertanggung jawab untuk memastikan informasi dan data Pelanggan tetap up-to-date
- Terhadap Pelanggan dengan Saldo OttoCash yang tidak mencukupi untuk dilakukan pemotongan atas Biaya Layanan, maka layanan e-Statement akan otomatis tidak aktif
- Pelanggan yang melakukan penghentian layanan e-Statement maupun Pelanggan dengan status Saldo OttoCash tidak mencukupi sehingga menyebabkan layanan e-Statement tidak aktif, apabila ingin mengaktifkan kembali dapat melakukan aktivasi ulang layanan e-Statement dengan mengaktifkan toggle “aktifkan e-Statement” di halaman e-statement yang tersedia pada Aplikasi OttoCash maupun OttoCash SDK
- Menu layanan e-Statement dalam Aplikasi OttoCash akan tersedia kembali untuk Pelanggan yang sudah melakukan aktivasi ulang
- Pelanggan akan dikenakan Biaya Layanan sebesar Rp 1.000 per bulan untuk menerima layanan e-Statement
- Biaya Layanan akan didebet langsung dari Saldo OttoCash Pelanggan setelah layanan diterima oleh Pelanggan, selambat lambatnya pada tanggal 10 setiap bulannya, apabila bertepatan pada hari sabtu, minggu atau libur nasional, proses debet akan dilakukan di hari kerja berikutnya
- Biaya layanan yang sudah didebet tidak dapat dikembalikan (non-refundable)
- Pelanggan dapat melakukan penghentian layanan e-Statement dengan menonaktifkan toggle “aktifkan e-Statement” di halaman e-statement yang tersedia pada Aplikasi OttoCash maupun OttoCash SDK (deaktivasi)
- Penghentian layanan e-Statement akan menonaktifkan pengenaan Biaya Layanan di bulan selanjutnya
- Penghentian layanan e-Statement tidak akan mengembalikan Biaya Layanan yang telah dibayarkan sebelumnya
- Pelanggan dapat melakukan penghentian layanan e-Statement maksimal pada akhir periode berjalan agar tidak terkena Biaya Layanan di bulan selanjutnya. Apabila Pelanggan melakukan penghentian layanan e-Statement pada periode berjalan, maka Pelanggan akan tetap menerima layanan e-Statement dan dikenakan Biaya Layanan pada periode berjalan tersebut
- Menu layanan e-Statement dalam Aplikasi OttoCash dan OttoCash SDK tidak akan tersedia untuk Pelanggan yang sudah melakukan penghentian layanan
- OttoCash tidak bertanggung jawab atas keterlambatan penyajian e-Statement yang disebabkan oleh faktor force majeure, termasuk tetapi tidak terbatas pada gangguan jaringan internet atau masalah teknis Pelanggan
- Pelanggan bertanggung jawab untuk memastikan bahwa e-Statement yang diterima tidak diakses oleh pihak yang tidak berwenang
- Pelanggan dapat memilih untuk tetap menggunakan layanan e-statement ataupun melakukan deaktivasi layanan. Bahwa dengan tetap menggunakan layanan e-Statement, Pelanggan memahami dan menyetujui Syarat dan Ketentuan Khusus Layanan e-Statement ini
- OttoCash berhak untuk mengubah Syarat dan Ketentuan Khusus Layanan e-Statement ini. Apabila perubahan bersifat material, OttoCash akan menyampaikan pemberitahuan tertulis kepada Pelanggan, melalui media pemberian informasi/pengumuman yang lazim digunakan OttoCash, paling lambat 30 (tiga puluh) hari kalender sebelum perubahan yang dimaksud berlaku (“Periode Pemberitahuan”)
- Pelanggan dianggap telah membaca dan menyetujui untuk terikat pada perubahan Syarat dan Ketentuan Khusus Layanan e-Statement apabila tidak memberikan tanggapan selama Periode Pemberitahuan dan/atau tetap menggunakan layanan e-Statement setelah Periode Pemberitahuan
Pelanggan dapat melihat e-Statement di halaman menu yang tersedia pada Aplikasi OttoCash dan OttoCash SDK. Pilih icon E-Statement OttoCash, pilih bulan yang diinginkan, klik tanda “Unduh” yang ada di sisi e-Statement
- e-Statement tersedia untuk Pelanggan dan dapat diakses pada tanggal 5 setiap bulannya. Sebagai contoh, apabila Pelanggan ingin melihat laporan keuangan bulan Juni, maka e-Statement bulan Juni akan tersedia di tanggal 5 Juli
- E-statement yang dapat diakses adalah untuk kurun waktu selama 3 (tiga) bulan terakhir
FAQ e-Statement OttoCash
e-Statement adalah ringkasan transaksi OttoCash Anda yang tersedia dalam format digital (PDF), diterbitkan setiap bulan. Dokumen ini dapat diakses langsung melalui aplikasi OttoCash dan OttoCash SDK yang terpasang pada aplikasi mitra.
- Otto
- OttoPay
- Bogasari
- MOaja
- Aetra Tangerang
- AkuMaju
e-Statement mencakup:
- Nama Pengguna
- Periode Laporan
- Daftar Transaksi (tanggal, waktu, deskripsi, nominal)
- Saldo awal dan akhir
- Keterangan tambahan jika ada (mis. Reversal, cashback, biaya langganan)
Memberikan transparansi atas aktivitas finansial pengguna, mempermudah pencatatan pribadi atau pelaporan pajak, serta mendukung kebutuhan administratif.
Ya. Layanan e-Statement berbayar dengan biaya Rp 1.000 per bulan, dikenakan melalui saldo OttoCash secara otomatis setiap tanggal 5.
Pendebitan akan dilakukan setiap tanggal 5. Jika saldo tidak mencukupi, sistem akan mencoba ulang hingga 3 kali di hari berbeda dalam bulan yang sama.
Pendebitan akan dilakukan setiap tanggal 5. Jika saldo tidak mencukupi, sistem akan mencoba ulang hingga 3 kali di hari berbeda dalam bulan yang sama maksimal di tanggal 10.
- Jika saldo gagal didebit hingga 3 kali: e-Statement bulan tersebut tidak akan diterbitkan
- Layanan akan dihentikan sementara, dan secara otomatis akan aktif kembali saat saldo mencukupi dan toggle aktif
Tidak. Biaya yang sudah terdebit tidak dapat direfund, kecuali terjadi error sistem yang terbukti dari pihak OttoCash.
- Buka aplikasi OttoCash > Menu “e-Statement”
- Pilih bulan yang ingin dilihat
- Dokumen dapat dilihat langsung atau diunduh dalam bentuk PDF
Dokumen e-Statement disimpan selama minimum 3 bulan ke belakang sejak tanggal penerbitan, selama Anda berlangganan.
Kemungkinan karena Aplikasi atau SDK belum diperbarui ke versi terbaru
Ya, e-Statement didistribusikan melalui e-mail resmi OttoCash ke e-mail yang terdaftar di dalam sistem OttoCash, selain tersedia di dalam aplikasi OttoCash dan aplikasi mitra. Ini menjadi cara apabila e-mail Pelanggan tidak terdaftar di sistem OttoCash.
Akan ada notifikasi di inbox aplikasi OttoCash atau OttoCash SDK saat aktivasi pertama, serta setiap kali e-Statement tersedia atau pendebitan berhasil akan muncul di Riwayat Transaksi.
Fitur ini bersifat aktif secara default (opt-out) sebagai bagian dari peningkatan layanan. Anda tetap bisa menonaktifkannya tanpa biaya tambahan.
Masuk ke menu “e-Statement” di aplikasi OttoCash, lalu geser toggle langganan ke posisi non-aktif atau menghubungi Customer Service dari OttoCash di whatsapp 0811-137565 atau di email halo@ottocash.id. Penonaktifan berlaku mulai bulan berjalan jika dilakukan sebelum tanggal 5.
- Pengguna KYC dan non-KYC
- Pengguna aktif maupun tidak aktif
- Pengguna dari Aplikasi Mitra yang mengakses melalui OttoCash SDK
Ya. Layanan ini dirancang untuk tetap berada dalam ekosistem internal OttoCash atau mitra yang bekerja sama secara resmi, sesuai regulasi BI terkait data distribusi dan layanan tambahan.
Ya. Semua data terenkripsi dan hanya dapat diakses oleh pengguna melalui login aman. Tidak ada distribusi eksternal tanpa izin.
Kemungkinan:
- Anda belum berlangganan saat tanggal 5
- Saldo tidak mencukupi dan gagal didebit
- Fitur dimatikan
- Kendala teknis sistem (silakan hubungi CS)
Selama Anda aktif berlangganan pada bulan tersebut dan masih dalam periode penyimpanan 3 bulan, dokumen dapat diminta ulang melalui aplikasi atau bantuan CS.
Buka menu “e-Statement” dan aktifkan toggle langganan. Biaya akan mulai dikenakan di tanggal 5 bulan berikutnya atau saat saldo mencukupi.
Ya. Biaya langganan dikenakan per akun aktif, karena setiap akun akan menghasilkan e-Statement tersendiri berdasarkan transaksi yang terjadi.
Ya. e-Statement dapat digunakan sebagai dokumen pelengkap untuk keperluan administratif atau hukum selama tidak dimodifikasi dan masih dalam format resmi yang dikeluarkan oleh OttoCash.