Syarat & Ketentuan

Terima kasih telah mengunduh aplikasi OttoCash dari PT Transaksi Artha Gemilang
Sebelum mengakses dan/atau menggunakan Layanan dari aplikasi OttoCash, pastikan
Anda membaca dan mencermati terlebih dahulu Syarat dan Ketentuan dan Kebijakan
Privasi.
Anda menyatakan bahwa Anda telah membaca, memahami, menerima dan menyetujui
untuk mengikatkan diri dengan Syarat dan Ketentuan ini. Anda disarankan untuk tidak
mengakses dan menggunakan Layanan dari aplikasi OttoCash, apabila Anda tidak dapat
menyanggupi dan menyetujui Syarat dan Ketentuan ini
KETENTUAN UMUM
 

  1. Definisi
    Untuk tujuan Syarat dan Ketentuan ini, istilah yang didefinisikan dalam keseluruhan
    Syarat dan Ketentuan ini beserta dengan Kebijakan Privasi, maka memiliki arti sebagai
    berikut:
     
    i. “Kami” adalah PT Transaksi Artha Gemilangyang merupakan perusahaan yang
    bergerak dalam bidang bidang teknologi finansial yang terdaftar di Bank
    Indonesia, menjalani usaha sebagai , perusahaan yang bergerak dibidang
    penerbitanpenerbit  uang elektronik.  yang terdaftar di Bank Indonesia dan
    merupakan pemilik dan pengelola aplikasi dengan merek dagang OttoCash.
    ii. “Anda” atau “Pengguna” adalah suatu pihak, baik individu maupun badan usaha
    yang diwakili oleh pihak yang berwenang, yang menggunakan layanan OttoCash.
    Dalam keadaan tertentu berdasarkan penilaian Kami, suatu pihak dalam hal ini
    dapat meliputi ahli waris, kuasa, kurator atau pihak lain yang berhak berdasarkan
    peraturan perundang-undangan Indonesia memiliki hubungan dengan orang
    perseorangan maupun badan usaha tersebut.
    iii. “OttoCash” adalah aplikasi Uang eElektronik (eMoney) yang merupakan merek
    dagang  Kami yang dapat dipergunakan untuk melakukan transaksi pembelian,
    pembayaran pada Merchant, transfer dana, serta tarik tunai sesuai dengan
    ketentuan yang berlaku, bersifat Open Loop, Ottocash  serta terdaftar dan diawasi
    oleh Bank Indonesia.
    iv. “OttoCash Reguler” adalah sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 2 ayat iii di
    bawah ini.
    v. “OttoCash Plus” adalah sebagaimana didefinisikan dalam Pasal 2 ayat iii di bawah
    ini.
    vi. “Layanan” adalahlayanan keanggotaan pada aplikasi OttoCash dan layanan
    penyelenggaraan uang elektronik dari aplikasi OttoCash yang dapat digunakan
    oleh Pengguna untuk melakukan transaksi pembelian, pembayaran
    pada Merchant, transfer dana, serta tarik tunai sesuai dengan ketentuan yang
    berlaku dan bersifat Open Loop, berdasarkan izin Bank Indonesia.
    vii. “Afiliasi”adalah: (i) pihak pengendali Kami; (ii) anak perusahaan Kami; atau (iii)
    pihak yang berada dalam satu pengendalian dengan Kami.

viii. “Virtual Account”adalah nomor identifikasi Pengguna yang dibuka oleh bank
umum atas permintaan Kami untuk selanjutnya diberikan oleh Kami kepada
Pengguna sebagai nomor rekening tujuan penerimaan.
ix. “Redemption”adalah pengakhiran penggunaan Layanan oleh Pengguna. Dalam
hal Redemption, Pengguna wajib melakukan penarikan seluruh saldo Uang
Elektronik terlebih dahulu dan diikuti oleh penutupan akun Pengguna di
OttoCash. Kami tidak mengenakan biaya apapun terhadap proses Redemption
x. “Cash Out” adalah penarikan saldo Uang Elektronik sebagian atau seluruhnya
dan tidak diikuti oleh dengan penutupan akun.
xi. “Cash In”adalah penyetoran uang tunai ke akun OttoCash melalui layanan datang
langsung ke kantor pusat Kami.
xii. “Informasi Pribadi”adalah meliputi segala data, keterangan, informasi dan
dokumen baik elektronik maupun non elektronik mengenai Pengguna yang
secara pribadi dapat diidentifikasi yang dikumpulkan melalui aplikasi OttoCash,
seperti nama, alamat, tanggal lahir dan pekerjaan (apabila Anda adalah seorang
individu), data dan dokumen identitas perusahaan (apabila Anda bukan seorang
individu), nomor telepon, alamat surat elektronik (e-mail), perizinan dan/atau
sejenisnya, dan informasi lain yang mungkin dapat mengidentifikasi Anda sebagai
Pengguna aplikasi OttoCash.
xiii. “Merchant (Pedagang/Toko/PKL)” adalah penjual barang atau jasa yang
menerima pembayaran transaksi dari Pengguna menggunakan aplikasi OttoCash.
xiv. “Biaya Administrasi” adalah biaya-biaya yang akan dikenakan oleh Kami kepada
Pengguna sehubungan dengan penggunaan layanan OttoCash. Jenis dan
besarnya biaya administrasi dan biaya lainnya dapat dilihat di ottocash.id.
xv. “Hari Kerja”adalah hari selain sabtu dan minggu yang mana bank-bank umum di
Indonesia menjalankan kegiatan usahanya, kecuali hari tersebut merupakan hari
libur nasional atau dinyatakan libur oleh pemerintah atau otoritas
xvi. “Komunikasi”atau “Komunikasi-komunikasi” berarti setiap pernyataan,
permintaan, instruksi, pemberitahuan, dokumen atau bentuk komunikasi lainnya
(termasuk yang dilakukan secara lisan, tertulis, maupun elektronik).
xvii. “Pemberitahuan Tertulis”adalah pemberitahuan mengenai perubahan
Syarat dan Ketentuan ini yang disampaikan dari waktu ke waktu baik secara
bersamaan maupun terpisah melalui aplikasi OttoCash dan/atau
melalui  ottocash.id yang selanjutnya menjadi satu kesatuan yang tak terpisahkan
dari Syarat dan Ketentuan ini.
xviii. “PIN”adalah nomor sandi pribadi yang dimunculkan di aplikasi OttoCash
untuk setiap akun Pengguna, yang dipergunakan untuk seluruh transaksi yang
terdapat pada aplikasi OttoCash.
xix. “Password”adalah Kombinasi huruf dan angka sebagai identitas pengenal
pribadi Pengguna yang berupa rangkaian huruf dan angka yang bersifat rahasia
dan pribadi, serta hanya diketahui oleh Pengguna. Password terdiri dari minimal 6
karakter dan maksimal 8 karakter yang harus mengandung setidaknya 1 (satu)
angka sebagai kombinasinya.
xx. “KYC”adalahKnow Your Customer yaitu prinsip mengenal nasabah.
xxi. “Walk in” adalah Pengguna datang langsung ke kantor OttoCash untuk
menerima layanan.
xxii. “QRIS” atau Quick Response Code Indonesian Standard adalah suatu jenis
kode  matriks atau  kode batang dua dimensi yang berfungsi untuk memproses
transaksi yang dilakukan di Merchant secara online sesuai standar dari Bank
Indonesia.
xxiii. “Peristiwa Keadaan Memaksa” adalah peristiwa saat suatu keadaan atau
peristiwa di luar kendali wajar Kami dan/atau Pengguna, yang memengaruhi atau
mengakibatkan Kami dan/atau Pengguna tidak mampu untuk mematuhi atau
memenuhi kewajiban dalam Syarat dan Ketentuan ini, yang termasuk namun
tidak terbatas pada, peristiwa perselisihan industrial atau buruh, kerusuhan sipil,
perang atau ancaman perang, tindakan kriminal atau teroris, tindakan atau
peraturan pemerintah, kegagalan telekomunikasi atau utilitas, pemadaman listrik,

kebakaran, ledakan, bencana alam fisik, epidemi, pandemi, wabah, pembatasan
karantina, perang, huru-hara, dan/atau tidak berfungsinya transportasi umum.
 
LAYANAN
 

  1. Fungsi dan Jenis Layanan
     
    i. OttoCashmemiliki fungsi sebagai instrumen pembayaran yang sah, dimana
    nilainya setara dengan nilai uang tunai yang disetorkan terlebih dahulu ke
    rekening OttoCash dan uang yang disetorkan bukanlah bersifat simpanan
    sebagaimana diatur dalam peraturan perundang-undangan perbankan. Oleh
    karenanya, OttoCash tidak memberikan bunga serta tidak dijamin oleh Lembaga
    Penjamin Simpanan.
    ii. Virtual Account milik Pengguna merupakan nomor telepon selular dari Pengguna
    yang tercatat pada saat registrasi, di mana satu Rekening OttoCash hanya berlaku
    untuk satu nomor telepon
    iii. Layanan OttoCash terbagi atas:
    A.  OttoCash Reguler:
    a. Uang Elektronik dimana data identitas Pengguna tidak terdaftar
    dan tidak tercatat pada Penerbit (tidak melalui proses KYC);
    b. Batas nilai Uang Elektronik yang dapat disimpan maksimal adalah
    Rp2.000.000 (dua juta Rupiah);
    c. Batas nilai transaksi Uang Elektronik dalam satu bulan maksimal
    Rp20.000.000 (dua puluh juta Rupiah) dalam bentuk Incoming; dan
    d. Fitur yang dapat dipergunakan berupa:
  2. Pengisian Ulang (Top Up);
  3. Pembayaran Transaksi Pembelanjaan;
  4. Pembayaran Tagihan; dan
  5. Fitur lain berdasarkan persetujuan Bank Indonesia.

B. OttoCash Plus:
a. Uang Elektronik dimana data identitas Penggunanya terdaftar dan
tercatat pada Penerbit (melalui Proses KYC);
b. Batas nilai Uang Elektronik yang dapat disimpan maksimal adalah
Rp10.000.000 (sepuluh juta Rupiah);
c. Batas nilai transaksi Uang Elektronik dalam 1 (satu) bulan maksimal
Rp20.000.000 (dua puluh juta Rupiah) dalam bentuk Incoming; dan
d. Fitur yang bisa dipergunakan berupa:

  1. Pengisian Ulang (Top Up);
  2. Pembayaran Transaksi Pembelanjaan;
  3. Pembayaran Tagihan;
  4. Tarik Tunai;
  5. Penyaluran program bantuan pemerintah kepada
    masyarakat; dan
  6. Fitur lain berdasarkan persetujuan Bank Indonesia.
  1. Mekanisme Pendaftaran dan Penggunaan
    Layanan
     
    i. Untuk Pendaftaran, Pengguna wajib mempergunakan ponsel untuk dapat
    mendaftarkan satu akun OttoCash.
    ii. Untuk OttoCash Reguler, Pengguna dapat mengunduh aplikasi terbaru OttoCash
    di Google Playstore dengan mengisi data pribadi seperti nama, nomor ponsel, e-
    mailyang aktif pada aplikasi tersebut.
    iii. Untuk OttoCash Plus, Pengguna dapat mengunduh aplikasi terbaru OttoCash di
    Google Playstore dan mengunggah foto bukti identitas diri yang sah (termasuk
    didalamnya foto KTP dan foto diri dengan KTP).
    iv. OttoCash akan melakukan uji tuntas terhadap kebenaran data yang diberikan
    oleh Pengguna.
    v. Proses pengecekan membutuhkan waktu 3 x 24 jam.
    vi. Pengguna akan menerima notifikasi apabila aplikasi disetujui ataupun tidak
    disetujui.
    vii. Untuk aktivasi aplikasi akan meminta dual autentification berupa Password yang
    merupakan kode rahasia yang hanya diketahui oleh Pengguna dan One Time
    Password (OTP) yang akan dikirim ke nomor ponsel Pengguna melalui SMS.
    viii. Untuk keperluan Customer Due Diligence (CDD), OttoCash dapat meminta
    informasi/dokumen tambahan kepada Pengguna sesuai peraturan perundangan
    yang berlaku.
    ix. OttoCash berhak atas pertimbangannya sendiri dengan alasan apapun untuk
    melakukan pembatalan dan/atau penolakan atas
    proses upgrade dari OttoCashReguler ke OttoCash Plus.
     Penggunaan Layanan
     
    i. Cash In dapat dilakukan di jaringan ATM Bersama, melalui ATM Mitra Bank Kami
    atau dapat mendatangi langsung ke kantor pusat OttoCash, yaitu:
    PT Transaksi Artha Gemilang
    Operation & Settlement Department
    Jl. Prof. DR. Soepomo No.2, Unit 103 RT.10/RW.15, Menteng Dalam, Kec.Tebet, Kota
    Jakarta Selatan,
    Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12870
    Waktu: Senin-Jumat (08:00 – 20:00), Sabtu (08:00 – 18:00)
    Fasilitas Cash In dan Cash out mengikuti ketentuan yang berlaku.
    ii. Transaksi menggunakan OttoCashhanya dapat dilakukan selama saldo tersedia.
    iii. Untuk kemudahan Pengguna, dari waktu ke waktu OttoCash dapat menyediakan
    saluran transaksi tetapi tidak terbatas pada rekanan kerjasama dengan OttoCash
    yang akan diinformasikan secara berkala pada aplikasi OttoCash dan atau website
    yang seluruhnya merupakan satu kesatuan yang tidak terpisahkan dari produk
    OttoCash.
    iv. Kanal Pembayaran merupakan sarana yang disediakan oleh penyelenggara
    penunjang dan/atau penyelenggara jasa sistem pembayaran yang bekerja sama
    dengan Kami untuk layananOttoCash yang dapat digunakan Pengguna untuk
    mengakses uang elektronik dalam proses otorisasi transaksi pembayaran
    seperti QRIS. Riwayat transaksi Merchant dan Pengguna dapat diakses langsung
    pada aplikasi OttoCash.

v. Penggunaan OttoCash termasuk penggunaannya melalui saluran dimaksud pada
Klausal ini hanya dapat dilakukan oleh Pengguna OttoCash sesuai dengan syarat
dan ketentuan penggunaan yang berlaku dari waktu ke waktu dan tidak dapat
dipindahtangankan kepada pihak lain dengan cara apapun. Segala kerugian dan
akibat yang timbul dari kelalaian, kesalahan, dan ketidakhati-hatian dalam
menggunakan OttoCash merupakan tanggung jawab Pengguna sepenuhnya.
Oleh karenanya, OttoCash tidak bertanggung jawab terhadap pengembalian atas
uang elektronik yang hilang akibat kesalahan tersebut.
vi. Transaksi OttoCash disimpan secara elektronik di dalam server milik OttoCash,
dalam hal terdapat perbedaan antara saldo dan/atau riwayat transaksi yang
tertera dalam media atau sumber data lain seperti tetapi tidak terbatas pada
aplikasi, catatan merchant, telepon selular Pengguna, maka yang digunakan
sebagai pedoman dan memiliki kekuatan mengikat secara hukum adalah data
pada server OttoCash.
vii. OttoCash dapat menolak transaksi yang dilakukan Pengguna, dalam hal
Pengguna OttoCash melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan Ketentuan ini.
 
HAK DAN KEWAJIBAN PENGGUNA
 

  1. Hak Pengguna
     
    i. Pengguna berhak untuk menikmati fitur-fitur dan manfaat OttoCash lainnya
    sepanjang memenuhi prosedur yang diatur dalam Syarat dan Ketentuan ini
    sebagaimana dapat diberitahukan lebih lanjut melalui Pemberitahuan Tertulis.
    ii. Pengguna berhak untuk menyampaikan pengaduan sesuai dengan Syarat dan
    Ketentuan ini, dalam hal aplikasi OttoCash tidak dapat dipergunakan
    sebagaimana mestinya yang disebabkan oleh kegagalan sistem
    OttoCashdan/atau operasional Kami.
    iii. Pengguna berhak untuk mempergunakan seluruh nilai uang elektronik OttoCash
    yang dimilikinya dan seluruh jumlah uang elektronik tersebut dapat
    ditransaksikan hingga saldo nihil.
    iv. Pengguna berhak untuk tidak dikenakan biaya dalam hal Pengguna
    melakukan Redemption.
     
    5. Kewajiban Pengguna
     
    i. Pengguna wajib menjaga keamanan SIM card yang terhubung dengan rekening
    OttoCash yang dimilikinya dan telepon selular atau media lainnya yang digunakan
    sebagai sarana untuk mengakses layanan OttoCash  dengan melakukan
    pemeliharaan dan penyimpanan yang memadai guna mencegah terjadinya
    kegagalan proses akibat tidak berfungsinya SIM card dan/atau telepon selular
    dan/atau media lainnya yang digunakan Pengguna, pencurian maupun
    penyalahgunaan dan/atau kejahatan lainnya oleh pihak ketiga yang tidak
    bertanggung jawab.

ii. Pengguna bertanggung jawab untuk menjaga kerahasiaan data-data yang
bersifat pribadi, di antaranya namun tidak terbatas pada: nama pengguna, One
Time Password (OTP)/kode verifikasi, Password, PIN, dan lainnya.
iii. Pengguna bertanggung jawab untuk merubahPassword dan PIN secara berkala
dalam rangka menjaga keamanan akun OttoCash dan/atau Virtual Account
iv. Pengguna bertanggung jawab atas setiap transaksi yang dilakukan termasuk
namun tidak terbatas pada kesalahan memilih menu transaksi, kesalahan
memasukkan nomor tujuan, kesalahan memasukkan nomor rekening, dan
kesalahan memasukkan nominal. Untuk itu, Pengguna wajib mengikuti setiap
petunjuk dalam melakukan transaksi dan kerugian/pengurangan saldo rekening
OttoCash atas transaksi yang keliru ditanggung sendiri oleh
v. Kami hanya berkewajiban untuk menanggung kerugian langsung yang diderita
Pengguna sepanjang dapat dibuktikan terjadi karena kesalahan Kami, dengan
jumlah maksimum sebesar jumlah nominal transaksi yang dimaksud.
vi. Kewajiban-kewajiban Pengguna yang diatur dalam Pasal 5 ini tidak
menyampingkan kewajiban-kewajiban Pengguna lainnya dalam Syarat dan
Ketentuan ini yang sebagaimana dapat diubah dengan Pemberitahuan Tertulis.
 
HAK DAN KEWAJIBAN OTTOCASH
 

  1. Penggunaan dan Pemberhentian Informasi
     
    i. Kami melalui aplikasiOttoCash berhak untuk meminta, melakukan verifikasi, dan
    menyimpan informasi dan dokumen identitas dari setiap Pengguna dalam rangka
    pencegahan pencucian uang dan pendanaan terorisme.
    ii. Kami berhak untuk memasukkan data pribadi pengguna ke dalam daftar
    pemasaran internal OttoCash, maupun memberikannya kepada pihak ketiga
    yang merupakan rekanan usaha dan telah terikat dengan Kami sebagai penyedia
    produk dan jasa yang akan ditawarkan kepada Pengguna. Sehubungan dengan
    hal tersebut, Pengguna akan menerima informasi tambahan mengenai produk
    dan/atau jasa dan/atau fitur yang disampaikan oleh Kami maupun rekanan usaha
    Kami.
    iii. Dalam hal Pengguna tidak lagi bersedia mendapatkan penawaran produk/jasa
    yang disediakan oleh Kami maupun rekanan usaha Kami, maka Pengguna dapat
    menghubungi layanan halo@ottocash.iduntuk mengajukan permohonan
    pengecualian dari ketentuan tersebut di atas.
     
    LAYANAN INFORMASI, BIAYA DAN
    PEMBLOKIRAN
  2. Layanan Informasi
     
    i. Dalam hal terdapat pertanyaan, keluhan, atau pengaduan sehubungan dengan
    penggunaan layanan OttoCash, maka Pengguna dapat mengajukannya secara

tertulis dengan melampirkan fotokopi identitas Penggunakekantorpusat Kami
yang beralamat di Jl. Prof. DR. Soepomo No.2, Unit 103 RT.10/RW.15, Menteng
Dalam, Kec.Tebet, Kota Jakarta Selatan 12870, Indonesia, atau melalui email
di halo@ottocash.id (Senin-Jumat: 08.00-20.00 WIB, Sabtu: 08.00-18.00 WIB).
ii. Kami akan melakukan verifikasi data Pengguna dengan berpedoman pada data
Pengguna yang tersimpan pada sistem OttoCash. Apabila dalam melakukan
verifikasi tersebut ditemukan ketidaksesuaian data Pengguna dengan yang
tersimpan dalam sistem OttoCash, maka Kami berhak menolak dalam
memproses pertanyaan, keluhan, atau pengaduan yang diajukan Pengguna.
iii. Kami akan melakukan pemeriksaan atau investigasi atas pengaduan Pengguna
serta memberikan jawaban kepada Pengguna sesuai dengan kebijakan dan
prosedur yang berlaku di dalam internal perusahaan Kami, setelah Kami
menerima keluhan/pengaduan secara lengkap, penanganan pengaduan akan
diproses secepatnya, apabila pengaduan tersebut bersifat lisan maka
Kami dengan batas waktu yang ditentukan di peraturan perundang-undangan
yaitu dua puluh hari kerja dan/atau Kami memerlukan tambahan waktu terhadap
penanganan pengaduan nasabah tersebut, Kami akan mengirimkan surat
perpanjangan/investigasi untuk kurun waktu dua puluh hari kerja berikutnya.
iv. Pengguna menjamin bahwa Pengguna dengan biaya sendiri akan menyelesaikan
setiap perselisihan yang mungkin timbul dengan Merchant, mengenai barang-
barang dan jasa-jasa yang dibeli dari Merchant, dan Pengguna turut menjamin
dengan ini membebaskan Kami, afiliasi Kami, dan rekanan usaha Kami atas segala
bentuk tanggung jawab, kerugian, dan hal lainnya yang dapat timbul dari
perselisihan Pengguna dengan Merchant yang bersangkutan.
 

  1. Biaya-Biaya
     
    i. Pengguna wajib membayar biaya yang mungkin timbul atas Layanan sebagai
    berikut:
    a. Biaya Cash In melalui pihak lain yang bekerja sama dengan Kami atau
    melalui delivery channelpihak lain seperti kantor pusat OttoCash, ATM dan
    Mitra lainnya diluar jaringan Kami;
    b. Biaya Cash Out melalui pihak lain yang bekerja sama dengan OttoCash
    atau melalui delivery channelpihak lain seperti Mitra LKD dan ATM;
    c. Tidak ada biaya minimal yang diterapkan untuk pengakhiran saldo, dan
    keseluruhan saldo bisa dipergunakan sampai dengan nilai nihil;
    ii. Kami (apabila diperlukan) dengan memperhatikan peraturan perundang-
    undangan yang berlaku berhak untuk menetapkan batas transaksi penggunaan
    OttoCash, batas maksimal penempatan dana, dan biaya Layanan. Atas perubahan
    batas transaksi dan biaya Layanan, Kami akan memberitahukan kepada
    Pengguna melalui aplikasi OttoCash atau media informasi yang umum digunakan
    oleh OttoCash dan mudah diakses oleh Pengguna.
    iii. Pengguna dengan ini memberikan kuasa kepada Kami untuk membebani
    rekening OttoCash  dengan biaya-biaya yang berlaku terhadap layanan OttoCash,
    termasuk yang ditagih oleh pihak ketiga dalam kaitannya dengan transaksi yang
    dilakukan oleh Pengguna ataupun oleh Kami untuk kepentingan Pengguna.
    iv. Ketentuan lebih lanjut mengenai pembatasan dan biaya Layanan OttoCash yang
    saat ini berlaku dapat dilihat pada website OttoCash, disini/melalui link
    berikut: https://ottocash.id/faq
    v. Kerugian/pengurangan saldo rekening OttoCash atas transaksi yang keliru
    merupakan beban Pengguna.

vi. Dengan memperhatikan segala ketentuan tersebut di atas, Pengguna dengan ini
menyatakan bertanggung jawab sepenuhnya atas kerugian dan tuntutan uang
ditimbulkan oleh penyalahgunaan dan/atau Pengguna dan/atau kejahatan atas
rekening OttoCash, termasuk namun tidak terbatas atas kerugian yang timbul
dikarenakan kelalaian dan/atau kesalahan, tindakan ketidakhati-hatian atau
kecerobohan serta penyalahgunaan data pribadi oleh Pengguna OttoCash dan
Kami dilepaskan dari segala kerugian dan tuntutan yang timbul dari Pengguna
dan Pihak Ketiga manapun.
 
 

  1. Pemblokiran dan Pengakhiran
     
    i. Terhadap aplikasi OttoCash dapat dilakukan pemblokiran baik secara sebagian
    dan/atau keseluruhan, sementara dan/atau permanen, berdasarkan permintaan
    Pengguna dan/atau Kami dan/atau lembaga pemerintah/pengadilan/otoritas
    terkait:
    ii. Pengguna dapat setiap saat mengajukan pemblokiran sementara Layanan
    melalui call center atau datang langsung ke kantor pusat Kami dalam hal
    kehilangan telepon selular dan/atau media lainnya milik Pengguna, Kami tidak
    bertanggung jawab atas transaksi sah yang terjadi antara waktu kehilangan
    hingga pemblokiran.
    iii. Pengguna dapat mengajukan permohonan pembukaan blokir kepada Kami
    melalui call centerdan/atau datang ke kantor pusat Kami. Pembukaan blokir
    hanya dapat dilakukan oleh Pengguna sendiri setelah melalui proses verifikasi
    data oleh Kami.
    iv. Kami berdasarkan pertimbangan sendiri berhak melakukan pemblokiran
    rekening OttoCash jika Pengguna melanggar sebagian atau seluruh Syarat dan
    Ketentuan ini dan/atau terdapat indikasi bahwa rekening tersebut
    disalahgunakan, termasuk tapi tidak terbatas untuk menampung dan/atau untuk
    melakukan kejahatan dan/atau untuk kegiatan-kegiatan yang dapat merugikan
    Kami, masyarakat atau pihak lainnya berdasarkan alasan dan pertimbangan lain
    yang kami tetapkan.
    v. Atas permintaan lembaga pemerintah yang berwenang, dapat memblokir
    rekening OttoCash sampai ada instruksi lebih lanjut dari lembaga pemerintah
    yang berwenang untuk membuka kembali rekening tersebut.
    vi. Untuk kepentingan Pengguna, OttoCash atas pertimbangan sendiri berhak
    memblokir rekening Pengguna dalam hal terdapat kesalahan PIN sebanyak tiga
    kali pada saat mengakses/melakukan transaksi ataupun karena hal-hal lain yang
    menurut pertimbangan OttoCash dapat menimbulkan kerugian bagi Pengguna.
    vii. Layanan OttoCash berakhir apabila:
    a. Diakhiri atas permintaan Pengguna OttoCash setiap saat dengan mengisi
    permintaan pengakhiran Layanan atau formulir lainnya yang ditetapkan
    oleh OttoCash.
    b. PT Transaksi Artha Gemilang melaksanakan suatu keharusan sesuai
    dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    c. Terdapat indikasi penyalahgunaan Layanan OttoCash oleh Pengguna atau
    pihak ketiga lainnya dalam kaitannya dengan pelanggaran Syarat dan
    Ketentuan ini dan/atau peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    viii. Dalam hal Redemption, Pengguna berhak mendapatkan pengembalian sisa saldo
    yang tersisa setelah dikurangi biaya-biaya terhutang apabila ada, tidak ada biaya
    lainnya untuk penutupan dari layanan OttoCash.

ix. Pengguna dengan ini menyatakan bertanggung jawab sepenuhnya dan
karenanya membebaskan Kami beserta afiliasi dan rekan usaha Kami dari segala
tuntutan dalam bentuk apapun dari pihak ketiga manapun termasuk
suami/istri/ahli waris Pengguna sehubungan dengan proses pemblokiran
dan/atau pengakhiran Layanan.
 
HUKUM YANG BERLAKU
 

  1. Pilihan Hukum
     
    Syarat dan Ketentuan ini dibuat dan dilaksanakan berdasarkan ketentuan peraturan
    perundang-undangan yang berlaku di Negara Republik Indonesia.
     
  2. Penyelesaian Sengketa
     
    i. Pengguna sepakat bahwa setiap perselisihan yang dapat timbul dari dan/atau
    sehubungan dengan Syarat dan Ketentuan ini dan/atau pelaksanaan dari
    pemanfaatan Layanan, akan diselesaikan secara musyawarah untuk mencapai
    mufakat. Dalam hal musyawarah gagal untuk mencapai mufakat, Pengguna
    dengan ini sepakat bahwa perselihan tersebut akan diselesaikan melalui Badan
    Arbitrase Nasional Indonesia yang beralamat di Wahana Graha Lt. 1&2, Jalan
    Mampang Prapatan No. 2, Duren Tiga, Pancoran, RT.4/RW.1, Duren Tiga, Kec.
    Pancoran, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 12760.
    ii. Putusan arbitrase bersifat final dan mengikat Para Pihak. Masing-masing Pihak
    dengan ini melepaskan hak apapun yang dimilikinya untuk mengajukan banding
    atau permohonan gugatan dari putusan arbiter yang terkandung di dalamnya
    dan sepakat bahwa, berdasarkan Pasal 60 Undang-undang No. 30 Tahun 1999
    tentang Arbitrase dan Alternatif Penyelesaian Sengketa (“UU Arbitrase”), tidak ada
    Pihak yang akan mengajukan banding ke pengadilan apapun terhadap putusan
    arbiter yang terkandung di dalamnya.
    iii. Pengguna dan Kami dengan ini mengesampingkan keberlakuan Pasal 48 UU
    Arbitrase dan sepakat bahwa arbitrase tidak perlu diselesaikan dalam waktu
    tertentu.
    iv. Pengguna dan Kami secara tegas menyetujui bahwa arbiter harus terikat pada
    ketentuan hukum yang mengikat dalam membuat putusan dan tidak boleh
    memutuskan secara ex aequo et bono. Selanjutnya, tidak ada pihak yang berhak
    untuk memulai atau mempertahankan gugatan atau proses hukum atas
    sengketa apa pun kecuali untuk pelaksanaan putusan arbitrase yang diberikan
    berdasarkan Syarat dan Ketentuan ini.
    v. Dalam hal tidak terpenuhinya kewajiban Pengguna maupun Kami berdasarkan
    Syarat dan Ketentuan ini ditentukan oleh Peristiwa Keadaan Memaksa, pihak yang
    tidak memenuhi kewajiban tersebut harus segera memberitahukan kepada pihak
    lainnya paling lambat dua kali dua puluh empat jam setelah Peristiwa Keadaan
    Memaksa tersebut memberikan dampak kepada pihak yang tidak memenuhi
    kewajiban tersebut.

 
PEMBERITAHUAN PERUBAHAN DAN
PENGUNGKAPAN INFORMASI
 

  1. Pemberitahuan Perubahan Data dan
    Komunikasi
     
    i. Pengguna wajib untuk segera memberitahu Kami atas setiap perubahan seperti
    perubahan KTP, perubahan no telp, pekerjaan, usaha atau data lain berkenaan
    dengan data pribadi Pengguna, baik secara langsung, tertulis, atau secara lisan
    melalui layanan informasi yang tercantum dalam Pasal 7.
    ii. Dalam hal Pengguna tidak memberitahukan hal tersebut di atas, maka data yang
    sebelumnya dan tercatat dalam sistem internal OttoCashadalah data yang sah
    dan mengikat Pengguna untuk segala keperluan penggunaan Layanan oleh
    Pengguna.
    iii. Kecuali ditentukan lain oleh Kami, setiap komunikasi, keluhan, permintaan
    bantuan teknis, dan/atau pemberitahuan antar Pengguna dan Kami sehubungan
    dengan pelaksanaan Syarat dan Ketentuan ini dan Layanan, akan dilakukan
    secara langsung, tertulis, atau secara lisan melalui layanan informasi yang
    tercantum dalam Pasal 7.
    iv. Pengguna menyetujui bahwa Kami dapat mengirimkan komunikasi dalam
    bentuk apapun kepada Pengguna ke alamat yang terdaftar di data internal Kami,
    atau melalui alamat email maupun nomor ponsel Pengguna yang terdaftar di
    OttoCash dan/atau media elektronik lainnya.
    v. Dalam hal terdapat perubahan data dimana Pengguna tidak melakukan
    pengkinian data, makaOttoCash tidak bertanggung jawab apabila komunikasi
    yang diberikan tidak diterima oleh Pengguna karena alasan-alasan tersebut di
    atas. Oleh karena itu, Pengguna wajib untuk selalu memperbarui data dan
    memberitahu Kami apabila ada perubahan dari informasi atau identitas dari
    Pengguna.
    vi. Pengguna menyatakan mengetahui bahwa pesan yang disampaikan melalui
    koneksi internet tidak dapat dijamin sepenuhnya keamanannya dan dapat saja
    tertahan, hilang atau mengalami perubahan. Kami tidak bertanggung jawab atas
    pesan yang hilang, diubah oleh pihak ketiga, atau tertahan dan kami tidak
    bertanggung jawab secara material kepada Pengguna atau siapa saja atas
    kerusakan atau hal lainnya sehubungan dengan pesan yang dikirim oleh
    Pengguna kepada Kami atau Kami kepada Pengguna melalui koneksi internet.
     
  2. Perubahan Syarat Dan Ketentuan
     
    i. Pengguna mengetahui, mengerti dan setuju bahwa Syarat dan Ketentuan ini
    dapat diubah dengan Pemberitahuan Tertulis, Perubahan tersebut dapat meliputi
    syarat-syarat, jenis dan besar tarif dan biaya-biaya yang tercantum dalam Syarat

dan Ketentuan ini, dan/atau dalam Pemberitahuan Tertulis termasuk syarat-
syarat, jenis dan biaya-biaya yang tercantum dalam Pemberitahuan Tertulis
dan/atau dalam aplikasi OttoCash. Pemberitahuan Tertulis akan diberikan oleh
Kami kepada Pengguna paling lambat tujuh hari kerja sebelum perubahan
tersebut berlaku pada tanggal sebagaimana dinyatakan oleh Kami.
ii. Dalam hal pengguna tidak setuju dengan adanya perubahan tersebut, maka
pengguna yang bersangkutan dapat mengirimkan pernyataan keberatan kepada
OttoCash dalam waktu tujuh hari kerja terhitung sejak pemberitahuan tersebut
diumumkan oleh Kami. Dalam hal Pengguna yang menyatakan keberatan
tersebut, Pengguna secara sukarela Redemption dan membayar segala kewajiban
dan tanggung jawab apabila ada.
iii. Pengguna harus memberikan Persetujuan secara eksplisit sehubungan dengan
pemberitahuan yang disampaikan dan/atau diumumkan oleh OttoCash, dalam
jangka waktu paling lambat tujuh hari kerja setelah pemberitahuan disampaikan.
iv. Tiap-tiap perubahan, perbaikan atau tambahan dalam Syarat dan Ketentuan ini
merupakan satu kesatuan dan bagian yang tidak terpisahkan dari Syarat dan
Ketentuan ini.
 

  1. Pengungkapan Informasi
     
    i. Berdasarkan ketentuan hukum dan peraturan perundang-undangan yang
    berlaku, Pengguna dengan ini memberikan persetujuan kepada Kami untuk
    dapat mengungkapkan informasi data pribadi, transaksi dan status akun
    (blacklist) kepada:
    a. Institusi penerbit uang elektronik lainnya atau kepada pusat pengelola
    informasi yang diselenggarakan oleh Bank Indonesia atau kepada lembaga
    pengelola daftar hitam (blacklist) sejenis lainnya;
    b. kepada pihak lain dalam penyerahan sebagian pelaksanaan pekerjaan
    Kami. Sehubungan dengan hal tersebut, Pengguna dapat dihubungi oleh
    pihak lain tersebut berkaitan dengan proses akun OttoCash;
    c. perusahaan dalam grup perusahaan Kami, pihak Afiliasi atau instansi yang
    berwenang/yang mempunyai wewenang di bidang teknologi dan industri
    keuangan baik di Indonesia maupun di luar negeri sepanjang tidak
    bertentangan dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang
    berlaku;
    d. Kami berhak untuk menghubungi dan/atau mengungkapkan informasi
    serta meminta informasi dari pihak ketiga yang tercatat di sistem internal
    Kami dan/atau pihak ketiga lainnya yang bertindak mewakili Pengguna
    atau bertindak sebagai penjamin Pengguna untuk memenuhi kewajiban
    Kami dalam melakukan pengkinian data Pengguna tersebut di atas;
    e. Catatan Transaksi: Kami berhak mencatat semua transaksi yang terjadi di
    aplikasi OttoCash, dan Pengguna setuju bahwa catatan yang berlaku
    adalah yang tercatat pada sistem OttoCash dan mengikat pengguna
    untuk semua tujuan sehubungan dengan aplikasi OttoCash;
    f. Otoritas, institusi, badan peradilan, polisi atau dan pihak ketiga lainnya
    untuk keselamatan, keamanan, atau kepatuhan terhadap hukum.
    Terdapat situasi dalam hal mana Kami secara hukum diharuskan untuk
    mengungkapkan informasi, seperti kepada lembaga penegak hukum,
    otoritas publik atau organisasi lain, atau jika Kami memiliki keyakinan
    dengan itikad baik bahwa penggunaan tersebut secara wajar diperlukan
    untuk:

ii. mematuhi kewajiban, proses, atau permintaan hukum;

iii. menegakkan ketentuan dan persyaratan kami dan perjanjian lainnya, termasuk
investigasi potensi pelanggaran terhadapnya;
iv. mendeteksi, mencegah, atau mengatasi masalah keamanan, penipuan atau
teknis; atau
v. melindungi hak, properti, atau keselamatan kami, pengguna kami, pihak ketiga
atau publik sebagaimana diwajibkan atau diizinkan oleh hukum (bertukar
informasi dengan perusahaan dan organisasi lain untuk tujuan perlindungan
penipuan dan pengurangan risiko kredit).
vi. Pengguna memahami bahwa saat membuka akun OttoCash dan menggunakan
Layanan, data pribadi milik Pengguna dapat dikumpulkan, digunakan dan/atau
diungkapkan oleh Kami guna Pengguna menggunakan Layanan secara penuh.
Untuk tujuan pengoperasian akun OttoCash dan/atau tujuan lain yang Kami
anggap pantas, Pengguna dengan ini memberikan persetujuan secara tegas
kepada Kami untuk mengumpulkan, menggunakan atau mengungkapkan suatu
atau seluruh data pribadi Pengguna yang mana Pengguna pahami bahwa bagian
dari data atau informasi tersebut dapat diakses oleh suatu pihak ketiga yang
mana layanannya turut digunakan oleh Pengguna secara tidak langsung melalui
aplikasi OttoCash. Pengguna turut mengizinkan Kami untuk mengungkapkan
data pribadi Pengguna kepada pihak ketiga yang menurut peraturan perundang-
undangan dianggap berwenang dan perlu. Kami tidak bertanggung jawab atas
suatu kehilangan yang disebabkan dari penyalahgunaan data pribadi oleh pihak
ketiga atas data pribadi Pengguna.
 
LAIN-LAIN
 

  1. Jangka Waktu Layanan
     
    Akun, rekening, Virtual Account, dan Layanan akan terus berfungsi, dan Syarat dan
    Ketentuan ini sebagaimana dapat diubah dengan Pemberitahuan Tertulis akan terus
    berlaku dan mengikat Pengguna kecuali Pengguna melakukan Redemption dan
    menyelesaikan seluruh kewajiban yang masih melekat padanya.
     
  2. Pernyataan dan Jaminan
     
    i. Anda selaku Pengguna dengan ini menjamin bahwa Anda merupakan pihak yang
    cakap hukum dan/atau memiliki wewenang yang sah, berhak, dan/atau
    diperbolehkan menggunakan Layanan berdasarkan dan menurut ketentuan
    peraturan perundang-undangan yang berlaku dan peraturan lain yang berlaku
    terhadap Anda.
    ii. Pengguna menjamin bahwa pembukaan akun pada OttoCash bukan untuk
    tujuan atau ditujukan untuk kegiatan pencucian uang dan pendanaan teroris
    berdasarkan peraturan perundang-undangan yang berlaku.
    iii. Pengguna menjamin bahwa dana yang digunakan untuk Cash In tidak berasal
    dari kejahatan atau perbuatan yang melawan hukum berdasarkan peraturan

perundang-undangan yang berlaku dan/atau peraturan lain yang berlaku
terhadap Pengguna.
iv. Pengguna dengan ini menjamin bahwa Pengguna akan bertanggung jawab
secara penuh atas Layanan yang digunakan oleh Pengguna.
v. Pengguna menjamin bahwa Pengguna tidak akan memberikan wewenang, hak,
atau kuasa kepada pihak ketiga manapun untuk menggunakan data,
akun, Password dan/atau PIN milik Pengguna pada OttoCash untuk alasan
apapun dan dalam keadaan apapun tidak akan dan dilarang untuk mengalihkan
akun tersebut kepada pihak ketiga manapun.
vi. Pengguna menjamin bahwa informasi, dokumen, dan/atau data yang
disampaikan Pengguna kepada Kami adalah benar dan dengan ini Pengguna
memahami bahwa hal-hal tersebut tidak dapat dikembalikan dengan alasan
apapun yang tidak diatur dalam peraturan perundang-undangan dan Syarat dan
Ketentuan ini sebagaimana dapat diubah dengan Pemberitahuan Tertulis.
vii. Pengguna memahami bahwa seluruh bentuk korespondensi atau komunikasi
Pengguna dengan Kami akan dianggap sebagai bukti otentik meskipun tidak
dibuat dalam bentuk yang formal.
viii. Pengguna dengan ini akan membebaskan Kami, manajemen perusahaan Kami,
Afiliasi, dan rekan usaha Kami dari tuntutan, gugatan, klaim, dan/atau permintaan
ganti rugi dari pihak ketiga manapun sehubungan dengan kelalaian Pengguna
dalam memenuhi Syarat dan Ketentuan ini sebagaimana dapat diubah dengan
Pemberitahuan Tertulis.
 

  1. Hak Kekayaan Intelektual
     
    OttoCash berikut dengan logo, kode, desain, teknologi, dan model bisnisnya dilindungi
    oleh hak kekayaan intelektual berdasarkan peraturan perundang-undangan yang
    berlaku. Syarat dan Ketentuan ini tidak dapat dianggap sebagai pemberian izin dari Kami
    kepada Pengguna untuk menggunakan instrumen-instrumen tersebut yang dilindungi
    oleh hak kekayaan intelektual.
     
  2. Pengalihan Hak
     
    Pengguna tidak dapat mengalihkan hak apapun yang dimilikinya berdasarkan Syarat
    dan Ketentuan ini sebagaimana dapat diubah dengan pemberitahuan Tertulis kepada
    pihak ketiga manapun tanpa persetujuan tertulis dari Kami. Kami dapat mengalihkan
    hak apapun yang Kami miliki kepada pihak ketiga manapun berdasarkan diskresi Kami
    sendiri.
     
  3. Ketentuan Lain-Lain
     
    i. Kami menerima dan menjalankan setiap instruksi Pengguna sebagai instruksi
    yang sah berdasarkan penggunaan layanan dan karenanya OttoCash tidak
    mempunyai kewajiban kepada Pengguna untuk menilai maupun membuktikan

ketepatan maupun kelengkapan instruksi yang dimaksud dan oleh karena itu
instruksi tersebut sah mengikat Pengguna, kecuali Pengguna dapat
membuktikan sebaliknya.
ii. Pengguna setuju bahwa Kami  dapat menyimpan, mengolah, dan memberikan
informasi sehubungan dengan data Pengguna yang ada pada Kami, baik yang
diberikan sendiri oleh Pengguna atau timbul akibat penggunaan Layanan,
termasuk menggabungkan, memisahkan, atau melakukan tindakan lain yang
dibutuhkan termasuk menyerahkan data kepada pihak lain namun tidak terbatas
pada mitra, afiliasi atau perusahaan-perusahaan terkait lainnya yang dianggap
pantas oleh Kami dengan memperhatikan ketentuan peraturan perundang-
undangan yang berlaku dalam rangka penyelenggaraan sistem pembayaran
uang elektronik.
iii. Pengguna setuju untuk sewaktu-waktu menerima penawaran atau informasi
terkait dengan produk-produk maupun program marketing OttoCash dan pihak
yang bekerja sama dengan Kami sesuai dengan batas kewajaran yang ditetapkan
oleh Kami.
iv. Pengguna wajib tunduk pada ketentuan-ketentuan dan peraturan-peraturan
yang berlaku pada Kami serta syarat-syarat dan ketentuan-ketentuan yang
mengatur semua jasa fasilitas dan transaksi yang dicakup oleh Layanan termasuk
setiap perubahan yang akan diberitahukan terlebih dahulu oleh Kami dalam
bentuk dan melalui sarana apapun.
v. Terhadap hal-hal yang tidak diatur secara khusus dalam Syarat dan Ketentuan ini,
Pengguna menyatakan tunduk pada seluruh ketentuan dan prosedur operasional
yang seumumnya berlaku di internal perusahaan Kami terkait dengan OttoCash
dan layanan telekomunikasi lainnya seperti tidak terbatas pada prosedur verifikasi
baik tanda tangan maupun verifikasi secara elektronik.
vi. Dengan menyetujui Syarat dan Ketentuan OttoCash ini, Pengguna mengikatkan
dan menyatakan bahwa Kami telah memberikan penjelasan yang cukup
mengenai karakteristik Layanan yang akan dimanfaatkan oleh Pengguna dan
Pengguna telah mengerti serta memahami segala konsekuensi pemanfaatan
Layanan termasuk manfaat, risiko, dan biaya-biaya yang melekat pada Layanan.
vii. Kami tidak bertanggung jawab atas ketidaksesuaian atau ketersediaan barang di
pihak ketiga atau mitra yang bekerja sama dalam penyelenggaraan Layanan.
viii. Pengguna setuju untuk tidak membantah keabsahan, kebenaran, atau keaslian
bukti transaksi yang menggunakan Layanan OttoCash yang ditransmisi secara
elektronik antara kedua belah pihak, termasuk dokumen dalam bentuk
SMS, tape/cartridge, print out komputer, Salinan, atau bentuk penyimpanan
informasi yang lain sebagaimana dimaksud sebagai Dokumen Elektronik dan
Informasi Elektronik dalam Undang-Undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi
dan Transaksi Elektronik yang diubah dengan Undang-Undang No. 19 Tahun 2016
sebagaimana dapat diubah dan dicabut dari waktu ke waktu (apabila ada) dan
semua alat atau dokumen tersebut merupakan alat bukti yang sah atas transaksi
yang diinstruksikan dengan menggunakan Pengguna, kecuali Pengguna dapat
membuktikan sebaliknya.
ix. Dengan melakukan transaksi dengan menggunakan Layanan, Pengguna
mengakui semua komunikasi dan instruksi yang diterima Kami adalah dari
Pengguna OttoCash yang bersangkutan dan dapat diperlakukan sebagai alat
bukti yang sah meskipun tidak dibuat dokumen tertulis ataupun dikeluarkan
dokumen yang ditandatangani.
x. Penggunaan Password, PIN, verifikasi One Time Password, verifikasi sidik jari,
dan/atau media identifikasi pribadi lainnya pada Layanan OttoCash mempunyai
kekuatan hukum yang sama dengan perintah tertulis yang ditandatangani oleh
Pengguna OttoCash.
xi. Dengan mempergunakan dan/atau mengaktivasi OttoCash maka Pengguna
telah tunduk, menyetujui dan terikat pada Syarat dan Ketentuan ini.